Tautan-tautan Akses

2 Tentara NATO Tewas di Afghanistan


Pasukan keamanan Afghanistan dalam sebuah upacara di provinsi Laghman, sebelah timur Kabul. (Foto: Dok)

Pasukan keamanan Afghanistan dalam sebuah upacara di provinsi Laghman, sebelah timur Kabul. (Foto: Dok)

Pernyataan misi internasional di Kabul mengatakan para anggotanya membalas tembakan dan menewaskan para pelakunya.

Koalisi militer yang dipimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengatakan dua tentaranya tewas Sabtu (7/5) di Afghanistan selatan ketika dua orang yang mengenakan seragam pasukan setempat melepaskan tembakan ke arah sebuah kompleks militer.

Pernyataan misi internasional di Kabul mengatakan para anggotanya membalas tembakan dan menewaskan para pelakunya. Para pejabat Afganistan dan koalisi dilaporkan telah memulai penyelidikan atas insiden itu tetapi tidak merincinya serta tidak mengungkap kewarganegaraan kedua tentara yang tewas itu.

Misi non-tempur NATO terdiri dari sekitar 13,000 tentara, kebanyakan warga AS, dan telah melatih Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan (ANDSF), sejak Januari 2015.

Sementara itu, kantor berita Associated Press mengutip Kementerian Pertahanan Rumania mengatakan dua tentaranya tewas dan seorang lainnya cedera ketika sedang melatih tentara Afghanistan di dekat kota Kandahar Sabtu pagi.

Laki-laki yang cedera itu dalam kondisi stabil dan akan dipindah ke Jerman untuk mendapatkan perawatan, kata Kementerian itu, dan menambahkan ada 631 tentara Romania yang berdinas di Afghanistan. [vm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG