Tautan-tautan Akses

Dukung Upaya Anti-Korupsi, Dua Ribu Orang Unjuk Rasa di Rumania


Para demonstran membentuk formasi bendera nasional Rumania dalam aksi protes di komplek kantor pemerintahan di Bukares (foto: dok).

Sekitar dua ribu orang berkumpul di ibukota Rumania guna mendukung badan anti-korupsi dan memrotes usul memberi amnesti bagi tahanan yang dituntut karena korupsi.

Para demonstran berkumpul di luar kantor pemerintah di Bukares hari Minggu sore (12/3) dan kemudian berjalan menuju ke ibukota sambil melambai-lambaikan bendera Rumania dan meneriakkan kata ‘’mundur’’, ‘’kami tidak akan menyerah’’ dan ‘’Anda pencuri.’’

Demonstrasi itu terjadi beberapa minggu setelah demonstrasi besar-besaran pasca diloloskannya dekrit oleh pemerintah berhaluan kiri-tengah Januari lalu, yang akan mendekriminalisasi perilaku buruk para pejabat. Usulan itu kini akan diperdebatkan di parlemen.

Pekan lalu seorang anggota parlemen dari Partai Sosial Demokrat mengatakan ingin memperkenalkan aturan yang akan memberi amnesti pada orang yang terbukti melakukan korupsi. Perdana Menteri Sorin Grindeanu mengatakan tidak sepakat dengan usul itu. [em]

XS
SM
MD
LG