Tautan-tautan Akses

20 Tewas dalam Protes Anti Penghujatan di Bangladesh


Polisi menembakkan peluru karet ke arah demonstran dari kelompok Hifazat-e-Islam dalam protes yang rusuh di Dhaka (5/5).

Polisi menembakkan peluru karet ke arah demonstran dari kelompok Hifazat-e-Islam dalam protes yang rusuh di Dhaka (5/5).

Para pengunjuk rasa yang menuntut pemberlakuan undang-undang anti-penghujatan bentrok dengan polisi dalam protes yang berakhir dengan kerusuhan Minggu malam (5/5).

Pihak berwenang di Bangladesh telah membubarkan protes yang digelar puluhan ribu Muslim berhaluan keras di ibukota Dhaka, menyusul bentrokan dengan polisi yang menewaskan sedikitnya 20 orang.

Para pengunjuk rasa menuntut agar pemerintah memberlakukan undang-undang anti-penghujatan.

Menurut polisi, para pengunjuk rasa melempari polisi dengan batu pada Minggu malam dan petugas membalas dengan peluru karet. Media setempat mengatakan sedikitnya 15 bom meledak dekat markas Liga Awami yang berkuasa.

Para pengunjuk rasa bubar Senin pagi.

Tayangan video menunjukkan api menyala di langit malam, membakar toko-toko dan puluhan kendaraan.

Liga Awami dan aliansi oposisi sama-sama merencanakan aksi unjuk rasa Senin malam untuk menanggapi kerusuhan itu, tapi ditunda. Polisi melarang semua protes selama sehari penuh.

Tuntutan para demonstran dari kelompok Hifazat-e-Islam yang baru terbentuk itu muncul sebagai tanggapan atas kelompok blogger internet "atheis" yang dituduh kelompok garis keras itu menghina Islam.
XS
SM
MD
LG