Tautan-tautan Akses

25 Ribu Pengungsi Suriah akan Diterbangkan ke Kanada


Para pengungsi Suriah antri menunggu pendaftaran di kota Presevo, Serbia (16/11).

Para pengungsi Suriah antri menunggu pendaftaran di kota Presevo, Serbia (16/11).

Pekerja kemanusiaan di Timur Tengah bersiap-siap mengangkut melalui udara, sekitar 25 ribu pengungsi Suriah ke Kanada dalam enam minggu ke depan.

Itu akan menjadi operasi pengangkutan udara terbesar sejak dimulainya perang saudara Suriah yang telah berlangsung empat setengah tahun, menewaskan ratusan ribu dan memaksa jutaan orang mengungsi.

Perdana Menteri Kanada yang baru terpilih, Justin Trudeau, mengatakan Kanada akan menerima 25 ribu pengungsi pada akhir tahun. Maskapai penerbangan Air Canada telah menawarkan pesawat-pesawatnya untuk membantu pengangkutan pengungsi. Pesawat-pesawat itu bisa terbang masuk ke Lebanon dan Turki, di mana jutaan orang Suriah selama ini mengungsi.

Jurubicara Organisasi Migrasi Internasional, yang berpusat di Jenewa, mengatakan operasi itu tertunda menunggu "lampu hijau akhir" dari Kanada.

Orang Kanada tampaknya terpecah atas tawaran Trudeau. Jajak pendapat oleh Forum Research Poll di Kanada hari Selasa menunjukkan, lebih dari separuh mereka yang disurvei tidak menyetujui rencana pemerintah, dan 41 persen menyetujui proyek tersebut. [ka]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG