Tautan-tautan Akses

2 Pria Didakwa Terkait Penyelundupan Obat Terlarang Senilai $50 Juta ke Sydney


Paket obat terlarang jenis crystal methamphetamine (Foto: dok).

Paket obat terlarang jenis crystal methamphetamine (Foto: dok).

Dua pria dari Malaysia dan Hong Kong didakwa menyelundupkan lebih dari 100 kilogram obat terlarang “crystal methamphetamine” senilai $50 juta (dolar Amerika Serikat) ke Sydney, dalam sebuah peti kemas dari China.

Pihak berwenang, Kamis (26/2) mengatakan dua pria dari Malaysia dan Hong Kong telah didakwa menyelundupkan lebih dari 100 kilogram obat terlarang “crystal methamphetamine,” atau biasa disebut “ice,” senilai 65 juta dolar Australia atau sekitar $50 juta (dolar Amerika Serikat) ke Sydney, dalam sebuah peti kemas dari China.

Kedua pria yang nama mereka belum dirilis itu, diperintahkan menghadap ke sebuah pengadilan Sydney, hari Kamis (26/2), untuk dikenakan dakwaan berkaitan obat terlarang, begitu pernyataan bersama Polisi Federal Australia dan Dinas Perlindungan Perbatasan.

Kedua oknum tersebut dihadapkan pada hukuman seumur hidup, jika terbukti bersalah. Para pejabat bea-cukai menggunakan peralatan sinar X untuk memeriksa sebuah peti kemas yang dinyatakan memuat "mainan anak-anak" di pelabuhan Sydney. Tetapi kemudian ditemukan obat terlarang tadi.

Polisi mengantar peti kemas itu hari Rabu (25/2) ke sebuah alamat di Prestons, pinggiran kota Sydney. Seorang pria Hong Kong umur 30 tahun dan seorang warga Malaysia umur 37 tahun kemudian ditangkap.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG