Tautan-tautan Akses

2 Polisi PBB dari Rwanda Ditembak Tewas di Haiti


Penjaga perdamaian PBB yang bertugas di Port-au-Prince, Haiti (foto: dok).

Penjaga perdamaian PBB yang bertugas di Port-au-Prince, Haiti (foto: dok).

Dua petugas kepolisian PBB dari Rwanda ditembak di tempat tinggal mereka di kota terbesar nomor dua di Haiti, menurut para pejabat hari Kamis (31/12).

Polisi Nasional Rwanda mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua polisi perempuan yang bertugas di bawah misi stabilisasi PBB di Haiti tewas tertembak di dalam tempat tinggal mereka di Cap Haitien oleh penyerang tak dikenal.

Mereka yakin pembunuhan kedua asisten inspektur polisi itu terjadi hari Selasa di kota bagian utara itu. Belum ada penangkapan. Petugas kepolisian yang tewas itu diidentifikasi bernama Lillian Mukansonera dan Aimiee Nyiramudakemwa.

Penyidikan telah dilakukan oleh misi PBB, Polisi Nasional Haiti dan pihak berwenang Rwanda. Pihak berwajib belum mengungkapkan kemungkinan motif pembunuhan itu.

Sandra Honore, kepala misi PBB di Haiti, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia menyesalkan pembunuhan pembunuhan itu dan menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga kedua korban.

PBB telah menempatkan pasukan penjaga perdamaian di Haiti sejak pemberontakan tahun 2004 yang menggulingkan Presiden Jean-Bertrand Aristide.

Pada bulan April, seorang petugas penjaga perdamaian dari Chile tewas dalam serangan terhadap kendaraan misi stabilisasi PBB. Petugas itu sedang membantu menjaga keamanan dalam demonstrasi di Haiti timur laut ketika ia ditembak mati. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG