Tautan-tautan Akses

AS

Dua Perusahaan TV Kabel Terbesar di AS akan Merger


Comcast

Comcast

Dua operator komunikasi kabel terbesar Amerika akan bergabung.

Comcast Corporation Kamis menyatakan membeli Time Warner Cable dengan harga lebih dari 45 miliar dolar. Transaksi tersebut akan menciptakan perusahaan gabungan yang menyediakan layanan internet dan televisi untuk 30 juta pelanggan, atau sekitar 30 persen pangsa pasar televisi berbayar Amerika.

Besarnya perusahaan baru itu dapat berpengaruh luas terhadap perusahaan-perusahaan media lainnya, karena Comcast telah memiliki divisi hiburan jejaring televisi besar Amerika, NBC Universal.

Kedua perusahaan tersebut menyatakan berharap dapat menyelesaikan perjanjian pembelian itu sebelum akhir 2014, tetapi transaksi ini menghadapi evaluasi panjang oleh regulator Amerika.

Kedua perusahaan itu sekarang ini saling bersaing di beberapa pasar. Tetapi regulator anti-monopoli kemungkinan besar akan meninjau apakah perusahaan gabungan itu akan menguasai pangsa pasar terlalu besar dan membendung kreator-kreator konten dan perusahaan-perusahaan video pesaingnya, seperti Netflix.

Kelompok-kelompok kepentingan publik memprotes penggabungan tersebut. Mereka menyatakan pembelian NBC oleh Comcast tiga tahun silam telah mendorong kenaikan rekening tagihan layanan kabel bagi para pelanggan.
XS
SM
MD
LG