Tautan-tautan Akses

Polisi Perancis Tewaskan Tersangka di 2 Lokasi Penyanderaan


Polisi Perancis mengambil posisi dekat pasar swalayan lokasi penyanderaan di Paris, Jumat (9/1).

Polisi Perancis mengambil posisi dekat pasar swalayan lokasi penyanderaan di Paris, Jumat (9/1).

Tembakan dan ledakan terdengar di Paris dan Dammartin-en-Goele, kota di mana Said dan Cherif Kouachi dikepung, Jumat.

Aparat Perancis mengatakan dua bersaudara tersangka penyerangan Charlie Hebdo telah tewas dalam penyerbuan polisi, dan penyerbuan terpisah di sebuah pasar swalayan di Paris menewaskan seorang pria bersenjata yang menyendara beberapa orang.

Dua bersaudara, Cherif dan Said Kouachi, menyandera seseorang di sebuah percetakan di Dammartin-en-Goele, sebuah kota 40 kilometer di sebelah timur laut Paris.

Pada saat yang sama, penyanderaan juga berlangsung di di sebuah pasar swalayan 'kosher' (untuk warga Yahudi) di Porte de Vincennes, Paris.

Tembakan dan ledakan terdengar di Porte de Vincennes dan Dammartin-en-Goele, sebelum aparat mengabarkan para tersangka tewas di kedua lokasi penyanderaan.

Polisi Perancis mengatakan pria bersenjata di pasar swalayan di Paris, Amedy Coulabaly, 32 tahun, diyakini juga merupakan pelaku penembakan yang menewaskan seorang polisi wanita di sebelah selatan Paris, Kamis. Polisi juga memburu seorang perempuan yang digambarkan sebagai mitra Coulabaly, Hayet Boumddiene.

Polisi Perancis telah mengaitkan Coulabaly dengan Cherif dan Said Kouachi, dua bersaudara yang diduga pelaku pembunuhan terhadap 12 orang yang diserang di markas Charlie Hebdo, Rabu. Insiden tersebut merupakan aksi terorisme terburuk di Perancis dalam 10 tahun terakhir.

Pasukan keamanan Perancis mengatakan mereka telah menjalin kontak dengan Kouachi bersaudara, yang setidaknya menahan seorang sandera. Mereka mengurung diri di sebuah gudang di kota Dammartin-en-Goele, 40 kilometer sebelah timur laut Paris.

Dengan helikopter mengelilingi lokasi dan kendaraan polisi dan pemadam kebakaran memadati jalan-jalan di sekitarnya, walikota Dammartin-en-Goele memerintahkan warga untuk tidak meninggalkan rumah mereka. Kota ini terletak tidak jauh dari bandara internasional Charles DeGaulle.

Chérif Kouachi, kiri, dan Said Kouachi, kanan.

Chérif Kouachi, kiri, dan Said Kouachi, kanan.

Menteri Dalam Negeri Perancis Bernard Cazeneuve mengatakan Jumat pagi bahwa sebuah operasi keamanan tengah berlangsung, namun ia tidak merinci lebih lanjut.

Pada penembakan Kamis, seorang polisi wanita ditembak saat mendatangi sebuah lokasi kecelakaan lalu-lintas di daerah Montrouge, sebelah selatan Paris.

Lebih dari 88.000 polisi dan tentara Perancis dikerahkan untuk mencari Kouachi bersaudara. Tersangka ketiga pelaku penembakan di Charlie Hebdo, Hamyd Mourad, 18 tahun, menyerahkan diri kepada polisi, Rabu. Koneksinya dengan Kouachi bersaudara masih belum jelas.

Sembilan orang telah ditahan untuk diinterogasi mengenai keterlibatan mereka dalam serangan Charlie Hebdo.

"Saat ini, kita harus melakukan segala sesuatu untuk memastikan perlindungan warga kami," Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan kepada para pejabat pemerintah dalam pertemuan Jumat di Kementerian Dalam Negeri di Paris, menurut laporan Reuters.

XS
SM
MD
LG