Tautan-tautan Akses

2 Partai Pro-Eropa Sementara Unggul dalam Pemilu Ukraina


Perhitungan surat-surat suara di Kyiv, Ukraina hari Minggu (26/10).

Perhitungan surat-surat suara di Kyiv, Ukraina hari Minggu (26/10).

Hasil penghitungan sementara lebih dari 65 persen suara dalam pemilihan parlemen hari Minggu (26/10) di Ukraina, menunjukkan dua partai yang pro-Eropa unggul.

Komisi Pemilihan Umum Pusat Ukraina melaporkan, Fron Rakyat pimpinan Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk berada di tempat pertama, dengan hampir 22 persen suara, diikuti blok pimpinan Presiden Petro Poroshenko, dengan 21 persen suara.

Partai Self Help di Ukraina barat berada di tempat ketiga dengan sekitar 11 persen, sedangkan partai Blok Oposisi pimpinan presiden terguling Viktor Yanukovych yang didukung Moskow, berada pada urutan keempat dengan hampir 10 persen.

Poroshenko dan Yatsenyuk sama-sama mendukung hubungan yang lebih erat dengan Uni Eropa dan keduanya berkampanye untuk reformasi yang secara luas dianggap perlu guna menyelamatkan negara itu dari ambang kebangkrutan. Pembicaraan untuk membentuk pemerintahan koalisi dijadwalkan dimulai hari Senin.

Presiden Barack Obama hari Senin menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Ukraina karena menyelenggarakan pemilihan parlemen yang sukses dan melakukan pemungutan suara "secara tertib dan damai."

XS
SM
MD
LG