Tautan-tautan Akses

Dua Orang Iran Didakwa Hendak Membunuh Dubes Saudi di Amerika


Tampak dalam gambar sketsa persidangan di New York, pembela Sabrina Shroff (kiri), terdakwa rencana pembunuhan Dubes Arab di Amerika, Adel Al-Jubeir, Manssor Arabsiar dan petugas sidang (11/10).

Tampak dalam gambar sketsa persidangan di New York, pembela Sabrina Shroff (kiri), terdakwa rencana pembunuhan Dubes Arab di Amerika, Adel Al-Jubeir, Manssor Arabsiar dan petugas sidang (11/10).

Manssor Arbabsiar dan Gholam Shakuri, keduanya warga Iran, didakwa hendak membunuh Dubes Saudi di Amerika, Adel al-Jubeir.

Kejaksaan Agung Amerika mengenakan dakwaan hari Selasa terhadap dua orang warga Iran, yang menuduh mereka bersekongkol dengan unsur-unsur pemerintah Iran untuk membunuh dutabesar Arab Saudi di Amerika Serikat, Adel al-Jubeir.

Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama menelpon dutabesar Saudi itu untuk mengutarakan solidaritas melawan persekongkolan itu, yang ia sebut pelanggaran terang-terangan undang-undang Amerika dan internasional. Pernyataan itu mengatakan presiden berjanji melindungi semua diplomat yang bertugas di Amerika Serikat, dan juga menekankan hubungan erat Arab Saudi dengan Amerika Serikat.

Para pejabat menyebut nama seorang tersangka Manssor Arbabsiar, seorang pemegang paspor Iran dan Amerika yang ditangkap di bandar udara internasional John F. Kennedy, New York, tanggal 29 September.

Para pejabat menyebut nama tersangka kedua Gholam Shakuri, seorang anggota pasukan Quds Iran, yang berbasis di Iran. Mereka mengatakan Shakuri belum tertangkap.

Jaksa Agung Amerika Eric Holder mengatakan dalam jumpa pers rencana pembunuhan itu “dibuat, disponsori, dan diarahkan” dari Iran. Ia mengatakan Washington menganggap pemerintah Iran bertanggung-jawab.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan kepada wartawan Amerika Serikat akan bekerjasama dengan sekutu-sekutunya untuk memberi pesan yang kuat bahwa tindakan demikian harus dihentikan.

XS
SM
MD
LG