Tautan-tautan Akses

Pasukan Niger dan Perancis Tewaskan 2 Militan


Pasukan Niger, dibantu pasukan Perancis, berhasil menewaskan dua orang militan (foto: ilustrasi).

Pasukan Niger, dibantu pasukan Perancis, berhasil menewaskan dua orang militan (foto: ilustrasi).

Angkatan bersenjata gabungan pasukan Perancis dan Niger telah menembak mati dua militan Muslim yang ikut dalam serangan terhadap barak militer di Niger utara.

Seorang wartawan di tempat kejadian memberitahu VOA bahwa pasukan khusus Perancis ikut dalam operasi hari Jumat itu untuk menundukkan kedua militan itu, yang bersembunyi dalam barak setelah pemboman bunuh diri dan serangan penembakan hari Kamis.

Menteri Pertahanan Niger mengukuhkan kematian itu dan partisipasi pasukan khusus Perancis. Diperoleh laporan-laporan yang saling bertentangan mengenai nasib dua sandera yang ditawan militan.

Militan Muslim secara serempak menyerang barak di kota Agadez dan tambang uranium milik Perancis di Arlit Kamis pagi. Serangan terhadap barak itu menewaskan setidaknya 20 orang, sebagian besar adalah tentara Niger.

Kelompok Islamis Mali, MUJAO, mengaku bertanggung-jawab atas serangan-serangan itu, demikian pula mantan pimpinan al-Qaida Afrika Utara, Mokhtar Belmokhtar.

Mereka mengatakan serangan-serangan itu adalah pembalasan atas intervensi militer pimpinan Perancis terhadap militan Muslim di Mali.
XS
SM
MD
LG