Tautan-tautan Akses

2 Menteri Perempuan di Jepang Letakkan Jabatan


Menteri Perdagangan Jepang Yuko Obuchi memberikan penghormatan saat mengumumkan ia meletakkan jabatan di Tokyo, Senin (20/10).

Menteri Perdagangan Jepang Yuko Obuchi memberikan penghormatan saat mengumumkan ia meletakkan jabatan di Tokyo, Senin (20/10).

Kedua menteri perempuan Jepang itu mundur karena tuduhan telah menyalahgunakan dana politik untuk membeli dukungan pemilih.

Dua dari lima menteri perempuan dalam Kabinet Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah meletakkan jabatan. Keduanya meletakkan jabatan hari Senin (20/10) atas tuduhan mereka menyalah-gunakan dana politik untuk memperoleh dukungan pemilih.

Tuduhan terhadap Menteri Perdagangan Yuko Obuchi, putri mantan perdana menteri mulai muncul pekan lalu bahwa dia menghabiskan ratusan ribu dolar dana pemilu untuk mensubsidi pembelian tiket teater dan pemberian lain untuk pemilih di daerah pemilihannya.

Hanya beberapa jam setelah Obuchi meletakkan jabatan, Menteri Kehakiman Midori Matsushima menyerahkan surat peletakan jabatannya karena tuduhan bahwa dia telah melanggar undang-undang pemilu dengan membagi-bagikan kipas-kertas dengan nama dan gambarnya tertera pada kipas itu kepada pemilih di daerah pemilihannya. Dia mengatakan kipas seharusnya diizinkan seperti selebaran.

“Saya mengangkat mereka dan sebagai perdana menteri, saya mengemban tanggung jawab,” kata Perdana Menteri Abe, Senin (20/10). Ia meminta maaf kepada rakyat Jepang dan mengatakan akan segera mengangkat pengganti mereka.

Dua peletakan jabatan dalam Kabinet Jepang merupakan masalah signifikan pertama bagi Perdana Menteri Shinzo Abe sejak ia dengan suara yang besar memegang kekuasaan tahun 2012, dan mengakhiri pemerintahan yang rapuh selama bertahun-tahun yang menjatuhkan perdana menteri setiap tahun.

Skandal dana politik adalah masalah yang kronis di Jepang. Namun, berbagai bentuk pemberian dan sejumlah uang yang menjadi pangkal tuduhan terbaru ini relatif sepele dibanding dengan skandal pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

XS
SM
MD
LG