Tautan-tautan Akses

2 Ledakan Hantam Ibukota Suriah


Asap hitam tampak mengepul dari markas besar tentara Suriah di Damaskus (Foto dirilis oleh kantor berita Suriah, SANA, 26/9).

Asap hitam tampak mengepul dari markas besar tentara Suriah di Damaskus (Foto dirilis oleh kantor berita Suriah, SANA, 26/9).

Televisi pemerintah Suriah mengatakan dua ledakan terjadi dalam selang waktu beberapa menit dekat gedung komando militer Suriah di Damaskus, yang menyulut kebakaran di Lapangan Omayyad.

Menteri penerangan Suriah mengatakan ledakan hari Rabu pagi itu hanya menyebabkan kerusakan materiil dan bahwa pasukan keamanan sedang mengejar teroris bersenjata.

Ledakan tersebut merupakan ledakan yang terbaru terjadi di ibukota dalam pergolakan 18 bulan di negara itu, setelah pemboman hari Selasa di sebuah gedung yang digunakan oleh milisi pro-pemerintah.

Pemberontak mengatakan mereka berharap bahwa serangan itu akan membunuh para pejabat keamanan tingkat tinggi.

Bulan lalu, serangan pemboman terjadi di markas-besar televisi pemerintah di Damaskus dan dekat hotel yang digunakan oleh para peninjau PBB. Serangan bom bulan Juli menewaskan menteri pertahanan Suriah dan tiga pejabat tinggi keamanan lain.

Sementara itu, organisasi hak azasi Suriah mengatakan pasukan keamanan telah menangkap sedikitnya 68 orang, termasuk tiga anak-anak, dalam beberapa hari ini di dan sekitar kota pantai Banias.

Mataz Suheil dari Syrian Observatory for Human Rights mengatakan kepada VOA hari Selasa penahanan sewenang-wenang 25 perempuan, tiga anak, dan sedikitnya 40 pria diyakini sebagai pembalasan atas penculikan seorang perwira Suriah tiga hari sebelumnya.
XS
SM
MD
LG