Tautan-tautan Akses

2 Ledakan Guncang Gedung Pengadilan di Benghazi


Protes anti-Gaddafi di luar gedung pengadilan di Benghazi (foto dok. tahun 2011). Dua ledakan besar menghantam gedung pengadilan ini Minggu 28/7.

Pejabat keamanan Libya mengatakan dua ledakan besar menghantam gedung pengadilan di kota Benghazi, Minggu malam, mengakibatkan salah satu bangunan menjadi puing-puing.

Seorang pejabat di Benghazi mengatakan 10 orang cedera, dua di antaranya mengalami cedera serius dalam ledakan di luar sebuah gedung pengadilan. Gedung pengadilan lainnya di bagian timur Benghazi menurut seorang pejabat keamanan di ibukota Tripoli juga dilanda ledakan.

Gedung pengadilan di Benghazi utara itu adalah lokasi pertama protes terhadap Moammar Gaddafi pada awal tahun 2011 yang menyebabkan kejatuhannya sebagai pemimpin. Lokasi ini terus menjadi pusat demonstrasi.

Ledakan itu terjadi sesaat menjelang demonstrasi yang direncanakan di luar salah satu bangunan itu untuk menandai peringatan dua tahun kematian Jenderal Abdul Fattah Younis, mantan menteri keamanan Gaddafi yang membelot dari rezim Gaddafi untuk bergabung dengan pemberontak melawan Gaddafi.

Dia terbunuh pada bulan Juli 2011 oleh rekan-rekannya saat dalam tahanan setelah dia ditangkap atas dugaan makar.

Para pejabat keamanan mengatakan polisi sedang menyelidiki apakah ledakan itu berasal dari bom.

Kota Benghazi merupakan tempat dimulainya pemberontakan terhadap pemerintah Gaddafi selain juga kota terbesar kedua di Libya.

Keamanan Benghazi termasuk diantara yang paling genting pasca-revolusi Libya. Tahun lalu, Duta Besar Amerika, Chris Stevens dan tiga orang Amerika lainnya tewas akibat serangan teroris terhadap misi diplomatik Amerika di kota itu. Pada hari Sabtu, pembobolan penjara menyebabkan seribu tahanan melarikan diri.
XS
SM
MD
LG