Tautan-tautan Akses

2 Kota di Afrika Tergolong Kota Termahal bagi Orang Asing


Luanda, ibukota Angola, berada di tempat teratas dalam daftar kota termahal di dunia bagi warga asing (foto: dok).

Luanda, ibukota Angola, berada di tempat teratas dalam daftar kota termahal di dunia bagi warga asing (foto: dok).

Kajian terbaru oleh perusahaan konsultan global Mercer menyebutkan Luanda, ibukota Angola dan N’Djamena, ibukota Chad termasuk 4 besar kota termahal di dunia.

Kajian terbaru oleh perusahaan konsultan global Mercer menyebutkan Luanda, ibukota Angola, berada di tempat teratas dalam daftar kota termahal di dunia bagi warga asing.

Dalam survei tahunan tentang biaya hidup di lebih 200 kota, Mercer mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya perumahan, transportasi dan pangan guna menyusun daftar 10 kota termahal.

Jurubicara Mercer Steven Nurney mengatakan kepada VOA sejumlah faktor membuat biaya hidup sangat tinggi bagi warga asing yang bekerja di ibukota Angola, yang kaya minyak itu. Mercer mengatakan uang sewa sebuah apartemen “mewah” dengan dua kamar di Luanda rata-rata 6.500 dollar per bulan.

Mercer mengatakan Moskow adalah kota termahal kedua bagi warga asing, disusul Tokyo yang menempati puncak daftar tahun lalu.

Nurney mengatakan N’Djamena, ibukota Chad, adalah kota termahal ke-empat. Kota-kota lainnya dalam daftar itu adalah Singapura, Hong Kong, tiga kota Swiss yaitu Jenewa, Zurich, dan Bern, dan terakhir Sydney di Australia.

Para periset tidak sependapat mengenai kota termahal itu secara menyeluruh. Sebuah kajian harian The Economist bulan Februari menyebut Tokyo sebagai kota termahal. Dalam survei September 2012, perusahaan investasi UBS mengatakan Oslo, Norwegia, adalah kota termahal.
XS
SM
MD
LG