Tautan-tautan Akses

2 Film Indonesia Masuk Festival Film Sundance 2014


Aktor Ethan Hawke bersama para pemain film Boyhood di Festival Film Sundance (Dok: Danny Moloshok/Invision/AP)

Aktor Ethan Hawke bersama para pemain film Boyhood di Festival Film Sundance (Dok: Danny Moloshok/Invision/AP)

Festival film Sundance yang ke-30 saat ini sedang berlangsung di Park City, Utah, Amerika Serikat.

Apa persamaan antara film "The Blair Witch Project," "Reservoir Dogs" dan "Napoleon Dynamite?" Ketiga cult classics itu diorbitkan festival film independen terbesar di Amerika

Festival film Sundance juga melahirkan nama-nama besar di dunia perfilman seperti Quentin Tarantino, Steven Soderbergh, dan Robert Rodriguez ini dimanfaatkan oleh para pembuat film dari seluruh dunia untuk bisa memperkenalkan karya mereka ke jaringan yang lebih luas.

Festival ini membuka peluang bagi film mereka untuk dibeli perusahaan distributor besar dan diputar secara luas di pasar Amerika dan dunia. Beberapa film independen lain yang berhasil terkenal karena festival film ini antara lain "Little Miss Sunshine," "Primer," "Sex, Lies, and Videotape," "(500) Days of Summer," dan "Beasts of the Southern Wild."

Selain menampilkan bakat-bakat perfilman baru, festival film Sundance juga diramaikan oleh sutradara dan bintang Hollywood. Di festival tersebut secara bebas mereka bisa mengekspresikan diri lewat film eksperimental yang keluar dari 'norma' film yang biasa diproduksi oleh Hollywood.

Tahun ini, nama-nama besar seperti Anna Hathaway, Keira Knightley, Aaron Paul ("Breaking Bad"), Michael Fassbender ("12 Years of Slave"), Amy Poehler ("Parks & Recreation") dan ikut meramaikan Sundance tahun ini. Persaingan para insan perfilman untuk bisa memamerkan karyanya di Festifal Film Sundance sangat kompetitif. Dari 12.218 film yang didaftarkan di tahun 2014 ini, hanya 185 film yang akhirnya terpilih untuk diputar dalam festival yang berlangsung dari tanggal 16 hingga 25 Januari ini. Diantara film-film tersebut ada dua film Indonesia yang berhasil terpilih yaitu "The Raid 2: Berandal" dan "Killers."

Simak terus laporan VOA dari festival film Sundance dalam “VOA Goes to Sundance” untuk mengikuti penyelenggaraan acara perfilman bergengsi ini serta mengamati dua film Indonesia dalam perjalannnya meraih kesuksesan di kancah internasional.

Reporter VOA Alam Burhanan, Vena Dilianasari dan Rafki Hidayat akan melaporkan langsung dari Park City, Utah. Ikuti juga di Twitter #voasundance @voaindonesia

XS
SM
MD
LG