Tautan-tautan Akses

2 Ekonom Amerika Raih Hadiah Nobel Ekonomi 2012


Dua ekonom Amerika, Alvin Roth (kiri) dan Lloyd Shapley, memenangkan hadiah Nobel Ekonomi 2012, Senin (15/10).

Dua ekonom Amerika, Alvin Roth (kiri) dan Lloyd Shapley, memenangkan hadiah Nobel Ekonomi 2012, Senin (15/10).

Akademi Sains Kerajaan Swedia di Stockholm menganugerahkan hadiah Nobel Ekonomi 2012 kepada dua ekonom Amerika, Alvin Roth dan Lloyd Shapley, Senin (15/10).

Dua ekonom Amerika, Alvin Roth dan Lloyd Shapley, memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi 2012 berkat karya mereka merancang lembaga-lembaga pasar yang mengkombinasikan berbagai pihak di pasar seefisien mungkin.

Akademi Sains Kerajaan Swedia di Stockholm hari Senin mengatakan, memberikan hadiah Nobel bidang ekonomi kepada Alvin Roth, seorang profesor ekonomi Universitas Harvard dan Lloyd Shapley, profesor Universitas Kalifornia di Los Angeles, UCLA.

Akademi memuji Shapley yang berumur 89 tahun karena mengembangkan sebuah proses untuk memasangkan orang-orang atau organisasi berbeda dalam sebuah pasar dengan cara yang stabil yang membatasi kecenderungan untuk memanipulasi satu sama lain.

Alvin Roth yang berumur 60 tahun dipuji karena melakukan eksperimen yang menunjukkan bagaimana teori Shapley dapat memperbaiki fungsi pasar-pasar penting dalam praktek. Dikatakan, Roth juga menggunakan riset Shapley untuk merancang ulang pedoman yang ada untuk memasangkan dokter dengan rumah sakit, mahasiswa dengan universitas, dan donor organ dengan pasien penerima.

Menurut Akademi, kedua ilmuwan yang bekerja secara independen satu sama lain itu akan berbagi hadiah uang tunai 1,2 juta dolar, karena menjadi teladan rekayasa ekonomi yang hebat.
XS
SM
MD
LG