Tautan-tautan Akses

2 Ledakan Bom Mobil Tewaskan 34 Orang di Irak


Pejuang Syiah Irak ikut mengamankan kota Jurf al-Sakhar, di selatan Baghdad yang baru direbut dari militan ISIS (26/10).

Pejuang Syiah Irak ikut mengamankan kota Jurf al-Sakhar, di selatan Baghdad yang baru direbut dari militan ISIS (26/10).

Dua serangan bom mobil hari Senin (27/10) menewaskan setidaknya 34 orang di Irak.

Dalam satu serangan, penyerang bunuh diri menewaskan sedikitnya 24 anggota milisi Syiah di dekat Jurf al-Sakhar, kota yang kata pasukan pemerintah telah direbut kembali dari militan ISIS.

Ledakan itu terjadi di pos pemeriksaan keamanan dan melukai 25 lainnya. Penyerang mengemudikan mobil Humvee yang sarat bahan peledak.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi hari Minggu (26/10) mengatakan direbutnya kembali Jurf-al-Sakhar, sekitar 50 kilometer sebelah selatan Baghdad, adalah "pukulan fatal" bagi ISIS. Ekstremis Sunni itu menduduki kota tersebut sejak Juli lalu.

Senin malam, ledakan bom mobil menewaskan setidaknya 10 orang di pusat kota Baghdad di kawasan yang dipenuhi toko-toko dan restoran. 18 Orang lainnya luka-luka.

Militer Amerika melancarkan 11 serangan udara di Suriah dan Irak dalam sehari terakhir. Empat dari serangan-serangan itu terjadi di dekat Kobani, kota di Suriah di mana militan ISIS dan pejuang Kurdi sedang bertempur di sebelah selatan perbatasan Turki.

XS
SM
MD
LG