Tautan-tautan Akses

2 Artis Ternama Kulit Hitam akan Boikot Acara Oscar


Spike Lee dan Jada Pinkett-Smith berniat memboikot acara piala Oscar (foto: dok).

Spike Lee dan Jada Pinkett-Smith berniat memboikot acara piala Oscar (foto: dok).

Boikot oleh Spike Lee dan Jada Pinkett-Smith dilakukan karena tidak ada aktor kulit hitam di antara 20 aktor yang dicalonkan sebagai penerima piala Oscar untuk kategori akting.

Dua orang bintang dunia hiburan terkemuka Amerika keturunan Afrika mengatakan mereka akan memboikot upacara pembagian piala Oscar tahun ini, karena tidak ada aktor kulit hitam di antara 20 aktor yang dicalonkan sebagai penerima piala Oscar untuk kategori akting.

Direktur Spike Lee menulis surat terbuka kepada Dewan Gubernur Academy Award hari Senin (18/1), menanyakan, "Bagaimana mungkin untuk dua tahun berturut-turut semua 20 pesaing dalam kategori akting adalah kulit putih?"

Empat puluh aktor kulit putih dalam 2 tahun dan tidak ada 'flava' (istilah warga kulit hitam untuk hal-hal yang berbeda dari biasa), sama sekali. Apakah kami tidak dapat berakting?"

Lee juga mengkritik tidak adanya pemantauan di kantor-kantor eksekutif studio, di mana menurutnya diambil keputusan tentang film dan acara televisi apa yang akan diproduksi.

Aktris kulit hitam Jada Pinkett Smith juga mengumumkan niatnya untuk memboikot Oscar. Dia adalah istri aktor Will Smith, yang kinerjanya dalam film “Concussion” dipuji para kritikus tidak membuatnya masuk nominasi.

"Memohon untuk diakui, atau bahkan meminta, mengurangi martabat dan mengurangi kekuatan. Dan kami adalah orang-orang bermartabat dan kami kuat," kata Jada Pinkett Smith, hari Senin.

Para pejabat Academy Award belum menanggapi pemboikotan itu. Tetapi mereka menugaskan bintang komedi kulit hitam, Chris Rock untuk menjadi pembawa acara dan produser kulit hitam Reginald Hudlin untuk memproduksi bersama acara Oscar tahun ini. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG