Tautan-tautan Akses

2 Orang Aktivis Jepang Berenang ke Pulau Sengketa


Protes anti-Jepang di Beijing, yang mendesak Jepang keluar dari kepulauan Diayou. (Foto: AP)

Protes anti-Jepang di Beijing, yang mendesak Jepang keluar dari kepulauan Diayou. (Foto: AP)

Dua warga Jepang berenang ke salah satu pulau yang dipersengketakan Jepang dan Tiongkok, sementara di Beijing terjadi demonstrasi.

Dua warga Jepang mendarat di salah satu pulau dalam kepulauan yang dipersengketakan dengan Tiongkok, sementara Beijing bersiap-siap menghadapi protes anti-Jepang selama satu hari.

Para pejabat Jepang mengatakan para aktivis itu tidak mengindahkan peringatan polisi dan berenang ke pantai Selasa (18/9) pagi ke pulau terbesar di antara pulau-pulau itu, yang di Jepang bernama Senkaku dan di Tiongkok bernama Diaoyu. Para pejabat pengawal pantai mengatakan mereka kemudian kembali ke perahu mereka.

Sementara itu, media pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa armada berisi 1.000 perahu nelayan Tiongkok sedang menuju kepulauan itu, yang menimbulkan kekhawatiran akan konflik maritim. Para penjaga pantai Jepang belum mengkonfirmasikan kedatangan perahu-perahu itu, tetapi mengatakan sebuah kapal pemantau Tiongkok yang menjelajah dekat kepulauan itu sekarang telah meninggalkan daerah tersebut.

Di Beijing, paling sedikit 1.000 pemrotes berpawai di luar kedutaan besar Jepang, meneriakkan semboyan nasionalistis dan menyerukan agar Tiongkok menegakkan klaimnya atas kepulauan berbatu-batu itu. Protes-protes sedang diadakan di seluruh Tiongkok Selasa, dalam peringatan 81 tahun penyerbuan Jepang ke Tiongkok utara.
XS
SM
MD
LG