Tautan-tautan Akses

AS

Dr. Dre Musisi Terkaya Dunia Versi Majalah Forbes


Artis/produser Dr. Dre pada sebuah acara penghargaan di Beverly Hills, California. (Foto: Dok)

Artis/produser Dr. Dre pada sebuah acara penghargaan di Beverly Hills, California. (Foto: Dok)

Artis hip-hop Amerika Dr. Dre disebut sebagai musisi berpenghasilan tertinggi tahun ini oleh majalah Forbes, dengan pendapatan US$100 juta.

Artis hip-hop veteran Dr. Dre berada di posisi teratas dalam daftar 25 musisi dunia dengan bayaran tertinggi yang dirilis oleh majalah Forbes Kamis (29/11).

Dre, 47, yang asal California tersebut mulai menjadi salah satu nama besar dalam dunia musik hip-hop dan rap pada awal 1990an dan telah bekerja sama dengan artis-artis yang terkenal seperti Eminem dan Snoop Dogg.

Bersamaan dengan karir musiknya, Dre juga memiliki usaha penjualan headphone bermerk Beats by Dre yang sukses, membuatnya memiliki pendapatan sebelum pajak US$100 juta, menurut Forbes.

Sepuluh posisi teratas dalam daftar tersebut didominasi musisi veteran. Posisi kedua diisi oleh pemain bas dan penyanyi Roger Waters dari kelompok legendaris Pink Floyd dengan $88 juta, disusul penyanyi Inggris Elton John pada posisi ketiga dengan $80 juta.

Musisi terkaya tahun lalu adalah kelompok U2, yang sekarang menduduki tempat keempat dengan penghasilan gabungan $78 juta, diikuti oleh kelompok vokal Inggris 1990an Take That dengan $69 juta hasil tur reuni mereka.

Forbes membuat daftar tersebut lewat estimasi penghasilan artis dari penjualan musik, pertunjukan langsung, sponsor dan suvenir. Sebelumnya tahun ini, DJ Tiesto dari Belanda dinamakan DJ dengan penghasilan tertinggi dalam industri musik elektronik yang berkembang pesat.

Hanya ada dua artis berusia di bawah 30 tahun yang berada di posisi 10 teratas. Mereka adalah penyanyi country Taylor Swift, 22, yang bersama Paul McCartney dari The Beatles sama-sama menduduki posisi delapan dengan penghasilan $57 juta, dan bintang pop Kanada Justin Bieber, 18, yang bersaing dengan penyanyi country Toby Keith di posisi 10 dengan $55 juta. (Reuters)
XS
SM
MD
LG