Tautan-tautan Akses

AS

DPR AS Setujui RUU Anggaran, Batalkan UU Kesehatan


DPR AS menyetujui anggaran sementara, tetapi membatalkan UU 'Obamacare' hari Jumat 20/9 (foto: dok).

DPR AS menyetujui anggaran sementara, tetapi membatalkan UU 'Obamacare' hari Jumat 20/9 (foto: dok).

DPR Amerika hari Jumat (20/9) menyetujui langkah anggaran sementara yang akan memastikan pemerintah AS bisa terus beroperasi.

DPR Amerika menyetujui langkah anggaran sementara yang akan memastikan pemerintah terus beroperasi, tetapi membatalkan undang-undang kesehatan yang diajukan Presiden Barack Obama. DPR yang didominasi partai Republik hari Jumat (20/9), menyetujui langkah tersebut dengan suara 230 banding 189, umumnya sesuai kebijakan partai.

Resolusi itu kini akan dibawa ke Senat yang didominasi partai Demokrat di mana kemungkinan tidak akan disetujui, sehingga kemungkinan akan terjadi penghentian sebagian operasi pemerintah jika kesepakatan anggaran tidak tercapai pada akhir bulan.

Anggota DPR dari Partai Republik sangat menentang undang-undang asuransi kesehatan yang diajukan Presiden Obama dan memilih membatalkannya 42 kali. Ketua DPR John Boehner berpendapat, mayoritas warga Amerika menentang Undang-Undang Asuransi Terjangkau itu, yang disebut Partai Republik sebagai 'Obamacare'.

Survei terbaru opini publik menunjukkan, 42 persen warga Amerika menyetujui Undang-Undang Asuransi Terjangkau itu, sedangkan 52 persen menentang.

Presiden Obama hari Jumat mengecam keras DPR yang didominasi partai Republik, dengan menyatakan, "Kalian tidak perlu mengancam akan meledakkan semua hanya karena kalian tidak mendapat keinginan kalian."

Perdebatan mengenai rancangan undang-undang anggaran itu tampaknya akan disusul perdebatan politik lain soal menaikkan pagu utang, diperkirakan sekitar pertengahan Oktober.
XS
SM
MD
LG