Tautan-tautan Akses

AS

DPR AS Hidupkan Bank Ekspor-Impor


Salah satu kantor Bank Export-Import di Washington DC (foto: dok).

Salah satu kantor Bank Export-Import di Washington DC (foto: dok).

RUU untuk menghidupkan kembali Bank Ekspor Impor AS disetujui DPR dengan suara 359 lawan 65, dan kini akan diajukan ke Senat.

DPR Amerika melakukan pemungutan suara untuk menghidupkan kembali Bank Ekspor Impor dengan memperbaharui pendanaan lembaga yang bermasalah itu sebagai bagian dari pendanaan anggaran transportasi federal selama lima tahun.

RUU yang disetujui dengan suara 359 lawan 65 kini akan diajukan ke Senat yang diperkirakan akan disahkan sebelum belanja pemeliharaan jalan raya berakhir hari Jumat. Presiden Obama sebelumnya mengatakan akan menandatangani RUU itu.

Pihak Republik membiarkan eksistensi badan pendanaan ekspor itu berakhir pada musim panas lalu, dan sejak itu hanya bisa melayani pinjaman yang sudah ada dan jaminan pinjaman. Pinjaman-pinjaman itu diberikan kepada perusahaan-perusahaan asing untuk membeli barang dan jasa Amerika.

Pihak konservatif menganggap lembaga keuangan yang sudah berumur 81 tahun itu sebagai bentuk subsidi perusahaan yang harus ditiadakan. Meski demikian bank itu mampu beroperasi dengan penggalangan dana sendiri yang diperoleh dari pembayaran bunga dan pungutan, serta biasanya menghasilkan keuntungan. [my/jm]

XS
SM
MD
LG