Tautan-tautan Akses

DPR AS Hentikan Pendanaan Reformasi Kesehatan


Ketua DPR AS dari Partai Republik, John Boehner dalam konferensi pers di Gedung Kongres (17/2).

Ketua DPR AS dari Partai Republik, John Boehner dalam konferensi pers di Gedung Kongres (17/2).

Tindakan itu kemungkinan akan memperuncing pertentangan mengenai pemotongan pengeluaran negara dan anggaran.

DPR Amerika yang dikuasai Partai Republik telah menghentikan pendanaan undang-undang reformasi perawatan kesehatan Presiden Barack Obama.

Tindakan itu kemungkinan akan memperuncing pertentangan mengenai pemotongan pengeluaran negara dan anggaran. Rancangan pengeluaran yang sedang diperdebatkan dalam majelis DPR hendak memotong lebih dari 60 milyar dolar dari pengeluaran.

Anggota Kongres dari partai Republik Mike Pence hari Kamis menyerukan pemotongan milyaran dolar lagi, untuk, katanya, mengembalikan negara ke jalan menuju tanggung jawab keuangan dan reformasi.

Namun, pihak Demokrat menentang beberapa pemotongan dari program sosial serta pendanaan perawatan kesehatan, anggaran bagi Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan badan-badan pengawas lain. Anggota DPR dari partai Demokrat Keith Ellison hari Kamis menanyakan apakah pemerintah akan melakukan pemotongan ini atau memelihara program tersebut yang katanya “memberi kepada kita taraf hidup yang baik di Amerika.”

Golongan Republik memenangkan mayoritas dalam DPR pada waktu pemilu terakhir, sebagian, karena mereka menjanjikan pemotongan pengeluaran pemerintah. Kaum Demokrat masih memegang mayoritas dalam Senat, dan telah mengatakan mereka tidak akan menerima pemotongan drastis demikian.

Tahun Keuangan sebelumnya berakhir tanggal 30 September, tetapi Kongres memperpanjang anggaran tahun lalu untuk memastikan pemerintah terus berjalan sementara perdebatan atas rancangan pengeluaran baru diteruskan. Perpanjangan tersebut akan berakhir tanggal 4 Maret tengah malam. Kalau anggaran baru tidak disetujui sebelum itu, pemerintah dapat ditutup.

Presiden Obama mengatakan ia bertekad untuk bekerjasama dengan kedua partai guna mencapai kompromi. Namun, Presiden telah menegaskan ia akan memveto pemotongan pengeluaran yang besar yang sedang dibicarakan kalau sampai ke mejanya.

XS
SM
MD
LG