Tautan-tautan Akses

AS

DPR AS akan Mulai Debat soal Anggaran


Para anggota DPR Amerika hari Sabtu (28/9) akan bertemu dalam upaya lain untuk mengesahkan anggaran sementara pemerintah AS (foto: dok).

Para anggota DPR Amerika hari Sabtu (28/9) akan bertemu dalam upaya lain untuk mengesahkan anggaran sementara pemerintah AS (foto: dok).

DPR Amerika hari Sabtu (28/9) ini bertemu dalam upaya lain untuk mengesahkan anggaran yang akan mendanai pemerintah federal setidaknya sampai 15 November.

Para legislator menghadapi batas waktu tengah malam hari Senin untuk bertindak jika tidak ingin ratusan ribu pegawai federal harus perlop dan banyak program pemerintah dihentikan.

Presiden Barack Obama hari Jumat (27/9) mengatakan kepada wartawan Gedung Putih bahwa Partai Republik di DPR harus menghentikan apa yang disebutnya "sok unjuk kekuatan politiknya'' dan menyetujui undang-undang pendanaan pemerintah sementara tanpa mengaitkannya dengan upaya membatalkan program perawatan kesehatan yang dikenal sebagai 'Obamacare'.

Ketua DPR, Partai Republik John Boehner, menuduh justru presiden sendiri yang “sok unjuk kekuatan." Dia mengatakan Presiden Obama bahkan menolak ikut menjadi bagian dalam proses itu.

Komentar itu muncul beberapa jam setelah Senat Amerika mengesahkan RUU anggaran sementara pemerintah yang mencakup pendaan bagi undang-undang perawatan kesehatan itu.

DPR Amerika telah mengesahkan RUU anggaran versinya sendiri tanpa mendanai undang-undang itu, yang dikenal secara resmi sebagai Undang-Undang Perawatan Terjangkau.

Jika kedua majelis di Kongres tidak dapat mencapai kesepakatan, maka akan terjadi penutupan sebagian kantor pemerintah mulai hari Selasa, tanggal 1 Oktober.
XS
SM
MD
LG