Tautan-tautan Akses

Meski Dikecam, Dow Chemicals Tetap Sponsori Olimpiade London 2012


Warga India korban selamat dari 'tragedi Bhopal' melakukan protes atas peran Dow Chemicals sebagai sponsor Olimpiade 2012 di London (3/12).

Warga India korban selamat dari 'tragedi Bhopal' melakukan protes atas peran Dow Chemicals sebagai sponsor Olimpiade 2012 di London (3/12).

Ketua Panitia Olimpiade London 2012 hari Minggu mengatakan dia tidak merasa terganggu dengan keikutsertaan Dow Chemicals sebagai sponsor pesta olah raga itu, meskipun ada kecaman karena hubungan perusahaan itu dengan kebocoran gas di Bhopal, India yang menewaskan ribuan orang.

Kira-kira 15.000 orang tewas tahun 1984 ketika gas bocor dari pabrik pestisida Union Carbide di kota Bhopal, India tengah. Dow Chemical membeli Union Carbide pada tahun 2001 dan mengatakan tuntutan hukum dari bencana itu telah diselesaikan.

Para korban kecelakaan itu, serta para mantan peserta dan pelatih Olimpiade dari India menekan panitia Olimpiade London agar membatalkan keikutsertaan Dow Chemical sebagai sponsor. Sekitar dua minggu lalu, para pengunjuk rasa di Bhopal membakar patung Sebastian Coe, ketua panitia Olimpiade.

Sebastian Coe berada di Beijing untuk menghadiri sidang umum Panitia Paralimpiade (Olimpiade Penyandang Cacat) Internasional. Hari Minggu dia mengumumkan televisi pemerintah Tiongkok -- China Central Television -- akan mendapat hak siar eksklusif untuk Paralimpiade di London tahun depan.

XS
SM
MD
LG