Tautan-tautan Akses

AS

Donald Trump Kecam McCain


Bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump berbicara dalam KTT Kepemimpinan Keluarga di Ames, Iowa, 18 Juli 2015.

Bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump berbicara dalam KTT Kepemimpinan Keluarga di Ames, Iowa, 18 Juli 2015.

Bakal calon presiden Partai Republik, Donald Trump mengecam Senator John McCain hari Sabtu, dan mengatakan calon presiden tahun 2008 itu dianggap sebagai pahlawan perang, hanya karena ia tertangkap oleh musuh. “Saya sendiri lebih suka orang yang tidak tertangkap,” katanya dalam rapat umum kelompok konservatif.

Komentar Trump itu mendapat ejekan dari sebagian hadirin dan kecaman dari calon-calon kandidat partai Republik lainnya. Ketenaran Trump belakangan ini tampak meningkat, sehingga membuat kesal banyak tokoh partai Republik, yang khawatir karena Trump dianggap telah membajak pemilihan pendahuluan partai Republik dan merusak citra partai itu.

Donald Trump, tokoh kaya raya itu, dan Senator McCain minggu lalu saling mengejek. Kata McCain, komentar-komentar Trump yang kontroversial tentang imigran hispanik di amerika “telah merangsang orang-orang gila.” Trump membalas dan menyebut tokoh partai Republik dari negara bagian Arizona itu sebagai “orang goblok”, yang lulus paling bawah dari Akademi Angkatan Laut Amerika.

John McCain menggunakan pengalamannya dalam perang Vietnam untuk memperkuat posisinya dalam kampanye pemilihan presiden tahun 2008 yang dimenangkan oleh Presiden Obama. McCain bertugas sebagai pilot ketika pesawatnya ditembak jatuh dan ia sendiri ditawan di Vietnam Utara selama lima tahun.

XS
SM
MD
LG