Tautan-tautan Akses

AS

Doctorow, Novelis Amerika, Meninggal Dunia pada Usia 84


Novels Amerika, E.L. Doctorow dalam sebuah wawancara di New York University tahun 2004 (Foto: dok).

Novels Amerika, E.L. Doctorow dalam sebuah wawancara di New York University tahun 2004 (Foto: dok).

Karya E.L. Doctorow memenangkan beberapa hadiah tertinggi Amerika untuk fiksi – the National Book Award dor World’s Fair, hadiah the National Book Critics Circle dan Hadiah PEN/Faulkner untuk "Billy Bathgate" dan "The March".

Novelis Amerika E.L. Doctorow, penulis buku seperti "Ragtime", "Billy Bathgate", dan "The March", meninggal dunia di New York pada usia 84 tahun.

Putra penulis itu Richard Doctorow memberitahu para wartawan bahwa ayahnya meninggal hari Selasa (21/7) karena komplikasi kanker paru-paru.

Doctorow disebut oleh Presiden Amerika Barack Obama sebagai “salah seorang novelis agung Amerika.” Presiden mengatakan melalui pesan Twitter hari Selasa (21/7) bahwa ia banyak belajar dari buku-buku Doctorow – campuran sejarah dan fiksi, kisah yang diceritakan dengan berbagai gaya eksperimen.

Doctorow telah meliput lebih dari satu abad sejarah Amerika dalam 10 bukunya dan dua koleksi cerita singkat. Ia juga pernah menulis drama yang berjudul "Drinks Before Dinner" dan banyak essay dan artikel.

Salah satu karya E.L. Doctorow "Homer & Langley"

Salah satu karya E.L. Doctorow "Homer & Langley"

Lahir di Kota New York tahun 1931, kakek Doctorow adalah imigran Yahudi dari Rusia. Ia pernah mengatakan bahwa lokasinya di Kota New York mengenalkannya pada budaya unik Manhattan serta para imigran dari Eropa yang melarikan diri dari penindasan di Eropa bertahun-tahun sebelum Perang Dunia Kedua. Manhattan memainkan peran utama dalam banyak novelnya, dan ia tinggal di kota itu sampai ia meninggal dunia.

Karya Doctorow memenangkan beberapa hadiah tertinggi Amerika untuk fiksi – the National Book Award dor World’s Fair, hadiah the National Book Critics Circle dan Hadiah PEN/Faulkner untuk "Billy Bathgate" dan "The March". Novelnya "Ragtime" dituangkan ke film layar lebar yang mendapat nominasi Oscar dan kemudian ke sebuah musikal Broadway yang memenangkan empat Hadiah Tony.

XS
SM
MD
LG