Tautan-tautan Akses

Dokter India Sangkal Perannya Atas Kematian Pasien Pasca Sterilisasi


Peta wilayah Chhattisgarh, India

Peta wilayah Chhattisgarh, India

Dr. R.K. Gupta, yang telah bersembunyi sejak usai operasi hari Saptu pekan lalu, ditangkap di rumah sanak-saudaranya dekat kota Bilaspur, Rabu malam (12/11).

Dokter yang melakukan prosedur sterilisasi setelah mana 13 wanita meninggal dunia di India tengah, ditangkap. Dia menyalahkan obat-obatan pasca operasi yang tercemar, sebagai penyebab kematian.

Dr. R.K. Gupta, yang telah bersembunyi sejak usai operasi hari Saptu pekan lalu, ditangkap di rumah sanak-saudaranya dekat kota Bilaspur, Rabu malam, ujar Dr. S.K. Mandal, kepala pejabat medis negara bagian Chhattisgarh.

Dr. Gupta melakukan operasi sterilisasi kepada lebih dari 80 perempuan dalam waktu kurang dari enam jam, hari Sabtu. Sonmani Borah, komisaris polisi di distrikBilaspur, India, mengungkapkan, perempuan-perempuan itu dikirim pulang setelah operasi, tetapi sebagian kemudian masuk kembali ke rumahsakit setelah jatuh sakit.

Menurut Borah, "Ada laporan denyut nadi melemah, muntah-muntah dan berbagai keluhan lainnya yang segera berdatangan hari Senin, dari ibu-ibu yang menjalani operasi." Sterilisasi adalah salah satu cara menekan angka kelahiran paling populer di India, dengan sebagian pemerintah daerah memberikan insentif kepada wanita yang secara sukarela menjalani prosedur itu.

XS
SM
MD
LG