Tautan-tautan Akses

Dokter: Clinton Derita Radang Paru-paru, Namun Pulih dengan Baik


Hillary Clinton tampaknya hampir terjatuh karena lututnya lemah saat dibantu masuk ke dalam mobil van-nya hari Minggu (11/9). Clinton didiagnosa menderita radang paru-paru.

Hillary Clinton tampaknya hampir terjatuh karena lututnya lemah saat dibantu masuk ke dalam mobil van-nya hari Minggu (11/9). Clinton didiagnosa menderita radang paru-paru.

Dokter yang merawat Hillary Clinton mengatakan, calon presiden AS dari Partai Demokrat ini didiagnosa menderita radang paru-paru, namun "pulih dengan baik."

Dokter Lisa Bardack membuat pengumuman itu hari Minggu (11/9) setelah Hillary Clinton meninggalkan upacara peringatan 11 September di New York. Ia tampaknya hampir terjatuh karena lututnya lemah saat dibantu masuk ke dalam mobilnya.

Para asisten mengantar Hillary ke apartemen putrinya, Chelsea, di New York untuk beristirahat, dan kemudian Hillary Clinton muncul kembali setelah beristirahat.

Hillary memeluk seorang anak kecil di jalanan dan melambaikan tangan kepada para pendukungnya.

"Saya merasa baik-baik saja. Ini hari yang indah di New York," ujar Hillary sebelum masuk ke dalam mobilnya.

Dokter Bardack mengatakan kelemahan fisik Hillary Clinton, 68 tahun, saat itu disebabkan karena "cuaca panas dan dehidrasi."

Dokter memeriksa Hillary hari Jumat karena batuk yang berkepanjangan dan ia didiagnosa menderita radang paru-paru. Dokter memberi obat antibiotik untuk Hillary dan menyarankan untuk beristirahat dan menyesuaikan jadwalnya.

Para pejabat kampanye Hillary Clinton belum mengumumkan apakah ada acara yang akan dibatalkan.

Saingannya dari Partai Republik untuk merebut tempat di Gedung Putih, Donald Trump, mengatakan Hillary Clinton tidak memiliki stamina untuk mengemban tugas sebagai presiden. Beberapa pendukungnya telah mempertanyakan kesehatan Hillary dalam kampanye.

Donald Trump, usia 70 tahun, merilis surat dari dokter akhir tahun lalu yang mengklaim ia akan menjadi "orang paling sehat yang pernah terpilih sebagai presiden." Tapi dokter tersebut telah mengakui ia menulis surat tersebut hanya dalam waktu lima menit selagi mobil limusin kampanye Donald Trump menunggu tidak jauh dari tempat prakteknya. [zb]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG