Tautan-tautan Akses

Dokter AS Kembangkan Program Olah Raga Bersama Pasien


Dr. Freeman mengatakan kesehatan lebih baik bisa kita dapatkan apabila kita berolahraga sedikitnya 150 menit sepekan (foto: dok.).

Dr. Freeman mengatakan kesehatan lebih baik bisa kita dapatkan apabila kita berolahraga sedikitnya 150 menit sepekan (foto: dok.).

Sebuah program inovasi di Amerika memasangkan pasien-pasien yang perlu olahraga dengan dokter-dokter yang akan berolahraga bersama mereka.

Hari-hari ini Mary Halpin suka berjalan kaki.

“Olah raga jalan kaki memberi saya kehidupan!” papar Halpin.

Enam tahun lalu Halpin hampir tidak bisa berjalan setengah blok pun. Kini ia bisa berjalan dua puluh kali lebih jauh.

“Tergantung bloknya. Saya bisa jalan antara 10 sampai 12 blok,” paparnya lagi.

Halpin mengatakan, ia berterima kasih kepada program olahraga yang disebut “Walk With A Doc.” Kardiolog Andrew Freeman memulai olahraga jalan kaki bulanan “Walk With A Doc” di Denver.

Dokter Freeman menuturkan, “Kami berupaya menghilangkan hambatan-hambatan yang ada, dan menjadikannya sebagai program, dengan mana pasien dapat menemukan dokter mereka. Berbicara dengan mereka secara informal dan menyaksikan mereka berolahraga sebagaimana yang mereka ajarkan.”

Pagi hari diawali dengan uji tekanan darah gratis dan kapasitas paru-paru oleh perawat terhadap para pasien. Setelah itu mereka memulai jalan kaki.

Becky Hubbarth mengatakan,“Saya memulai ini bulan Maret dan sejak saat itu ukuran tubuh saya berkurang 2,5 ukuran. Hanya dengan berjalan kaki.” Sementara, Britanny Weddington mengaku, “Ibu saya yang menyuruh saya berolahraga jalan kaki.” Pasien lainnya memaparkan, “Saya punya tekanan darah tinggi. Dokter saya mengajak saya melakukan olahraga jalan kaki ini.” “Setiap orang tampaknya melewati kami. Tetapi, kami tetap terus berjalan. Inilah bagian pentingnya,” ujar Diane Kinsella,

Dianne Kinsella mengatakan bahwa akibat operasi jantung suaminya baru-baru ini, berarti lebih aman berjalan kaki dengan para ahli medis.

Dr. Freeman mengatakan kesehatan lebih baik bisa kita dapatkan apabila kita berolahraga sedikitnya 150 menit sepekan.

“Kita ingin bernafas pendek dan berkeringat. Jika cukup hangat dan tidak bisa menyelesaikan sebuah kalimat, itu berarti kita sudah berolahraga cukup keras,” paparnya.

Mary Halpin mengatakan, hari-hari ini ia juga lebih banyak berjalan kaki di pemukimannya.

“Saya tidak merasa kalau saya sudah hampir berusia 75 tahun. Saya merasa sama seperti ketika berusia 50 tahun,” akunya.

Mary Halpin mengatakan ia akan kembali bulan depan untuk mengikuti “Walk With A Doc” berikutnya.
XS
SM
MD
LG