Tautan-tautan Akses

Dokter AS Ditembak Mati di Pakistan


Seorang dokter AS menjadi korban kekerasan dan tewas di Punjab, Pakistan (foto: ilustrasi).

Seorang dokter AS menjadi korban kekerasan dan tewas di Punjab, Pakistan (foto: ilustrasi).

Dua orang bersenjata di Pakistan menembak mati seorang dokter Amerika dari kelompok minoritas Ahmadiah di hadapan istri dan putranya, Senin (26/5).

Dua laki-laki yang mengendarai sepeda motor menembak mati Mehdi Ali Qamar beberapa kali Senin (26/5) pagi ketika ia sedang berziarah di makam keluarga di kota Chenab Nagar – propinsi Punjab – Pakistan.

Qamar – yang menjadi warga negara Amerika lewat proses naturalisasi – tinggal di Columbus, negara bagian Ohio. Ia baru saja tiba di Pakistan hari Sabtu untuk mengunjungi keluarganya dan menjadi sukarelawan di rumah sakit jantung.

Ahli jantung dan keluarganya berasal dari kelompok Ahmadiah yang menurut undang-undang Pakistan pada pertengahan tahun 1970, anggota-anggotanya dinilai bid’ah.

Anggota kelompok Ahmadiah mengikuti ajaran Ghulam Ahmad – yang menyatakan dirinya sebagai nabi – dan menganggap diri mereka sebagai umat Islam. Menurut hukum Pakistan, mereka dilarang menunjukkan ajarannya dan sudah sejak lama menjadi target kelompok ekstrimis Islam.

Pembunuhan Qamar merupakan serangan terbaru yang dilakukan kelompok Islamis garis keras yang menarget anggota-anggota kelompok minoritas di Pakistan – termasuk kelompok Syiah. Serangan itu dilakukan oleh anggota-anggota Sunni garis keras yang merupakan kelompok mayoritas di Pakistan.
XS
SM
MD
LG