Tautan-tautan Akses

DK PBB Sepakati Sanksi Baru terhadap Korut


Dewan Keamanan PBB menyepakati sanksi baru atas percobaan nuklir Korea Utara (7/3).

Dewan Keamanan PBB menyepakati sanksi baru atas percobaan nuklir Korea Utara (7/3).

Dewan Keamanan PBB telah menyetujui sanksi baru terhadap Korea Utara sebagai tanggapan atas percobaan nuklirnya yang terbaru.

Dewan yang beranggotakan 15 negara itu dengan suara bulat menyetujui sanksi itu, dengan dukungan penting China, sekutu lama Korea Utara. Dukungan Beijing diberikan tidak lama setelah percobaan nuklir Korea Utara bulan lalu.

Beberapa jam setelah pemungutan suara itu, para pejabat reunifikasi Korea Utara mengambil langkah untuk membatalkan perjanjian non-agresi dengan Korea Selatan, dan mereka mengatakan hubungan telepon hotline dengan Seoul akan diputuskan.

Langkah ini adalah yang terbaru dalam beberapa ancaman yang ditujukan terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat, yang pasukan bersenjatanya mengadakan latihan militer bersama di wilayah Korea Selatan.

Sebelumnya hari Kamis, Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengancam akan melakukan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat. Kementerian itu menyebut ancaman itu sebagai hak Pyongyang untuk melakukan serangan nuklir sebagai pencegahan terhadap markas besar agresor. Kementerian itu juga menuding Amerika Serikat sebai penyulut perang nuklir.
XS
SM
MD
LG