Tautan-tautan Akses

DK PBB Sahkan Resolusi tentang Pejuang Asing


Presiden AS Barack Obama memimpin pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York hari Rabu (24/9).

Presiden AS Barack Obama memimpin pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York hari Rabu (24/9).

Dewan Keamanan PBB, dalam pertemuan yang dipimpin Presiden Amerika Barack Obama, hari Rabu secara aklamasi mengesahkan resolusi untuk menindak arus pejuang asing yang bergabung dengan organisasi militan seperti ISIS.

Disahkan dengan suara 15-0, resolusi itu mewajibkan negara anggota untuk menghukum warga negaranya yang ke luar negeri untuk bergabung dengan militan atau merekrut orang lain untuk melakukan hal itu.

Obama adalah satu-satunya presiden Amerika yang pernah memimpin rapat Dewan Keamanan. Ia juga melakukannya tahun 2009.

Presiden Obama membuka rapat dengan menyatakan solidaritas dengan Perancis setelah salah satu warga negara itu diculik dan digorok oleh kelompok jihad di Aljazair yang terkait militan ISIS.

Presiden Obama mengatakan lebih dari 15.000 pejuang asing dari sekitar 80 negara telah datang ke Suriah dalam beberapa tahun ini, dan mereka “memperparah konflik” dan menjadi ancaman langsung bagi negara-negara lain.

Tetapi ia mengingatkan bahwa “resolusi saja tidak akan cukup” untuk mengalahkan ISIS dan kelompok-kelompok jihad lain.

Secara terpisah, Departemen Keuangan Amerika hari Rabu (24/9) mengumumkan telah menjatuhkan sanksi atas 11 orang dan satu organisasi amal karena membantu arus pejuang asing yang bergabung dengan kelompok teror, termasuk ISIS, Fron Nusra dan Jemaah Islamiya di Asia Tenggara.

XS
SM
MD
LG