Tautan-tautan Akses

DK PBB Pertimbangkan Zona Larangan Terbang Libya

  • Susy Tekunan

Seorang pemberontak bertumpu pada sebuah landasan roket di Ajdabiyah, Libya. DK PBB mempertimbangkan resolusi larangan terbang atas Libya.

Seorang pemberontak bertumpu pada sebuah landasan roket di Ajdabiyah, Libya. DK PBB mempertimbangkan resolusi larangan terbang atas Libya.

Dewan Keamanan PBB mempertimbangkan rancangan resolusi zona larangan terbang untuk melindungi rakyat sipil Libya dari serangan militer.

Dewan Keamanan PBB sedang mempertimbangkan rancangan resolusi tentang zona larangan terbang di atas Libya.

Zona larangan terbang itu akan membatasi ruang gerak jet-jet militer Libya dan mencegah mereka menyerang penduduk sipil dan pemberontak.

Liga Arab mendukung tindakan semacam itu dan duta besar Perancis untuk PBB telah menyampaikan rasa frustrasi terhadap kurangnya dukungan Dewan Keamanan. Duta besar Gerard Araud di New York hari Selasa mengatakan ia sangat tertekan dengan makin memburuknya situasi di Libya dan Dewan Keamanan belum juga bereaksi.

Lebanon mengusulkan resolusi larangan terbang itu atas nama Liga Arab.

Perancis dan Inggris adalah pendukung utama zona larangan terbang dalam Dewan Keamanan. Tiongkok dan Russia, dua anggota tetap Dewan yang mempunyai hak veto menentang tindakan semacam itu.

Pertemuan menteri luar negeri G8 di Paris hari Selasa mendesak Dewan Keamanan untuk mengambil tekanan keuangan tambahan terhadap pemimpin Libya, Moammar Gadhafi untuk memaksanya mundur, namun kelompok itu gagal menyepakati zona larangan terbang.

XS
SM
MD
LG