Tautan-tautan Akses

DK PBB Perpanjang Tugas Pasukan Perdamaian di Darfur


pasukan penjaga perdamaian gabungan PBB-Uni Afrika di Darfur (UNAMID) melakukan patroli di Khor Abeche, Darfur, Sudan (foto: dok).

pasukan penjaga perdamaian gabungan PBB-Uni Afrika di Darfur (UNAMID) melakukan patroli di Khor Abeche, Darfur, Sudan (foto: dok).

DK PBB hari Rabu (27/8) sepakat memperpanjang selama 10 bulan tugas pasukan penjaga perdamaian gabungan PBB-Uni Afrika di Darfur (UNAMID).

Dewan Keamanan PBB memperpanjang selama 10 bulan tugas pasukan penjaga perdamaian gabungan PBB-Uni Afrika di Darfur (UNAMID), meski ada banyak pertanyaan tentang efektifitas program itu.

Misi di Darfur memiliki anggaran terbesar kedua diantara misi-misi perdamaian PBB dengan lebih dari 1,3 miliar dollar per tahun. Dewan Keamanan tahun ini memerintahkan kajian mengenai kinerja misi tersebut.

Duta Besar Inggris Untuk PBB Mark Lyall mengatakan kepada para wartawan bahwa dewan ingin melihat perubahan-perubahan yang harus dilakukan dalam misi UNAMID itu. Misi tersebut terdiri dari sekitar 19.000 tentara.

Resolusi yang disetujui secara aklamasi hari Rabu (27/8) itu menyatakan “keprihatinan mendalam” tentang situasi keamanan yang memburuk di Darfur tahun ini, di mana sekitar 385.000 orang mengungsi dari rumah mereka.

Pemberontak telah melawan pemerintah di bagian barat negara itu selama lebih dari 10 tahun.

XS
SM
MD
LG