Tautan-tautan Akses

DK PBB Periksa Foto-Foto Penyiksaan Ekstrim di Suriah


Suasana rapat Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Suasana rapat Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Sebuah tim pakar hukum dan medis telah mempelajari 55 ribu gambar yang diselundupkan ke luar Suriah oleh mantan juru-potret militer, yang diberi nama sandi “Caesar”.

Para anggota Dewan Keamanan PBB hari Selasa (15/4) melihat gambar-gambar mengerikan yang diambil di Suriah, yang menunjukkan apa yang tampaknya bukti penyiksaan yang brutal, termasuk pencongkelan mata, pencekikan dan kelaparan jangka panjang yang dilakukan oleh pemerintah Suriah.

Rapat tidak resmi Dewan Keamanan diselenggarakan oleh Perancis, memberi kesempatan bagi Dewan yang beranggotakan 15 negara itu, untuk melihat sebagian dari 55 ribu foto yang diambil oleh seorang mantan anggota polisi militer Suriah.

Dubes Perancis untuk PBB, Gerard Araud, mengatakan penting bagi Dewan Keamanan untuk melihat gambar-gambar tersebut, sementara pemerintahnya mempersiapkan resolusi yang hendak mengajukan sengketa Suriah ke Mahkamah Kejahatan International untuk kemungkinan pendakwaan kejahatan perang. Araud mengatakan Dewan Keamanan “terdiam” setelah melihat gambar-gambar itu.

Hampir 60 negara telah menuntut agar keadaan Suriah diajukan ke Mahkamah di Den Haag. Tetapi, mayoritas Dewan Keamananlah yang memutuskan apakah akan mengajukan negara tersebut ke mahkamah itu.

Sebuah tim pakar hukum dan medis telah mempelajari ke-55 ribu gambar yang diselundupkan ke luar Suriah oleh mantan juru-potret militer, yang diberi nama sandi “Caesar” itu.

Sekalipun foto-foto itu tampaknya memberi bukti kejahatan perang oleh pemerintah Suriah, para pejabat mengatakan kejahatan juga telah dilakukan oleh pasukan-pasukan oposisi, walaupun tindakan mereka tidak didokumentasikan oleh “Caesar.”
XS
SM
MD
LG