Tautan-tautan Akses

DK PBB Dukung Sanksi atas Pelecehan Seks oleh Penjaga Perdamaian


Dutabesar Amerika untuk PBB Samantha Power berbicara pada sidang DK PBB di New York (foto: dok).

Dutabesar Amerika untuk PBB Samantha Power berbicara pada sidang DK PBB di New York (foto: dok).

Sebelumnya, Sekjen PBB Ban Ki-moon menyerukan tindakan tegas dan berani untuk mengakhiri pelecehan seksual oleh pasukan perdamaian PBB.

Dewan Keamanan PBB mendukung seruan Sekretaris Jenderal untuk memulangkan pasukan penjaga perdamaian yang melakukan pelecehan seksual atau mengeksploitasi orang yang seharusnya mereka lindungi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan tindakan tegas dan berani diperlukan untuk mengakhiri pelecehan seksual dan eksploitasi oleh pasukan penjaga perdamaian PBB.

Dengan hasil pemungutan suara 14 negara mendukung dan satu abstain, Dewan Keamanan hari Jumat (11/3) menyetujui resolusi yang disusun Amerika itu.

"Resolusi ini menegaskan, adalah tugas kita untuk memastikan ada akuntabilitas ketika laki-laki, perempuan dan anak-anak dilecehkan pasukan ber-"helm biru" yang dikirim dewan ini untuk melindungi mereka," ujar Dutabesar Amerika untuk PBB Samantha Power.

Helm biru adalah julukan PBB bagi pasukan penjaga perdamaian, yang bertugas dengan mengenakan pelindung kepala berwarna biru.

Dalam peristiwa yang langka, satu anggota dewan mengajukan amandemen pada resolusi itu tepat sebelum pemungutan suara. Perubahan Mesir itu bisa melemahkan langkah akuntabilitas bagi tersangka pelaku sehingga ditolak oleh anggota dewan dalam pemungutan suara terpisah. [ka/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG