Tautan-tautan Akses

DK PBB Kutuk Tindakan Sudan di Abyei


Kendaraan militer Sudan utara melewati kawasan bisnis di Abyei yang terbakar setelah pertempuran (28/5).

Kendaraan militer Sudan utara melewati kawasan bisnis di Abyei yang terbakar setelah pertempuran (28/5).

DK PBB meminta militer Sudan agar menghentikan semua penjarahan, pembakaran dan pemukiman kembali secara tidak sah di Abyei.

Dewan Keamanan PBB mengutuk tindakan pemerintah Sudan merebut kekuasaan atas daerah Abyei yang kaya minyak itu bulan lalu.

Dewan Keamanan hari Jumat meminta kepada militer Sudan agar menghentikan semua penjarahan, pembakaran dan pemukiman kembali secara tidak sah di daerah itu dan menarik pasukannya segera.

Dewan menyebut operasi militer Sudan di Abyei itu pelanggaran serius persetujuan perdamaian tahun 2005 antara Sudan Utara dan Selatan. Pasukan Sudan utara merebut daerah Abyei yang kaya minyak dan dipertentangkan itu bulan Mei, dan telah menolak seruan dari Amerika Serikat, PBB dan Sudan selatan agar menarik pasukannya.

Dewan Keamanan memperingatkan bahwa orang-orang yang bertanggung jawab atas pelanggaran hukum internasional di Abyei akan dituntut. Dewan juga mengatakan bahwa karena ketidak-amanan saat ini di Abyei, dewan yakin bahwa kedua pihak akan memperoleh manfaat atas diteruskannya kehadiran pasukan PBB di daerah itu.

XS
SM
MD
LG