Tautan-tautan Akses

DK PBB Kutuk Serangan Artileri Suriah ke Turki


Dewan Keamanan PBB mengutuk keras serangan artileri Suriah ke Turki (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB mengutuk keras serangan artileri Suriah ke Turki (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB telah mengutuk keras serangan maut artileri Suriah terhadap kota perbatasan Turki, sementara militer Turki membombardir Suriah dua hari berturut-turut sebagai balasan atas serangan tersebut.

Pasukan Suriah sebelumnya menembaki dengan artileri daerah kediaman kota Akcakale, Turki, hari Rabu, menewaskan dua orang wanita dan tiga orang anak. Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Kamis, Dewan Keamanan menuntut agar pelanggaran hukum internasional demikian segera dihentikan dan jangan terulang.

Pernyataan Dewan Keamanan itu juga meminta kepada pemerintah Suriah agar sepenuhnya menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah negara tetangganya. Ini adalah pernyataan persatuan yang jarang oleh dewan yang beranggotakan 15 negara, yang sudah lama terpecah mengenai cara menanggulangi pergolakan 18 bulan di Suriah menentang Presiden Bashar al-Assad.

Rusia, sekutu lama Assad, menghendaki Dewan mengurangi kritik atas Suriah, sementara negara-negara Barat yang menentang presiden Suriah itu menghendaki bunyi pernyataan yang lebih keras.

Sumber-sumber dari pihak keamanan Turki dan para aktivis oposisi Suriah mengatakan pasukan Turki segera membalas tembakan artileri Suriah tidak lama setelah tembakan tersebut mengenai Akcakale, Kamis pagi.

Organisasi HAM oposisi Syrian Observatory for Human Rights mengatakan serangan balasan Ankara menewaskan tiga tentara Suriah dekat kota perbatasan Tel Abyad. Media pemerintah Suriah belum melaporkan korban.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan tindakan Turki itu, rekan anggota NATO, adalah wajar dan sebanding.
XS
SM
MD
LG