Tautan-tautan Akses

DK PBB Kutuk Aksi Penculikan 3 Peninjau PBB di Suriah


Kepala operasi penjaga perdamaian PBB, Herve Ladsous (Foto: dok).

Kepala operasi penjaga perdamaian PBB, Herve Ladsous (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB mengutuk aksi penculikan tiga peninjau PBB yang dilakukan oleh sekelompok unsur-unsur bersenjata anti-pemerintah Suriah, Rabu (16/5).

Beberapa pria bersenjata menerobos masuk ke sebuah pos terdepan PBB dalam zona penyangga yang memisahkan Israel dan Suriah dan menculik tiga orang peninjau militer PBB.

Kepala penjaga perdamaian PBB, Herve Ladsous, hari Kamis (16/5) mengatakan kepada sekelompok wartawan bahwa para peninjau tidak bersenjata itu ditahan oleh beberapa pria Suriah selama kira-kira lima jam dan membebaskan mereka tanpa disakiti Rabu pagi.

Aksi penculikan penjaga perdamaian PBB di daerah yang tegang ini merupakan yang ke-3 kalinya sejak bulan Maret dan menunjukkan kembali kerawanan mereka dalam luapan sengketa di Suriah, yang sekarang sudah memasuki tahun ke-3.

Ladsous menyebut penculikan terbaru ini insiden yang sangat serius, yang menggambarkan keadaan yang sangat sulit yang sekarang berlaku di dan sekitar daerah yang memisahkan pasukan Suriah dan Israel yang seharusnya bebas dari kelompok-kelompok bersenjata.

Dewan Keamanan PBB dengan kuat mengutuk aksi penculikan tiga orang peninjau PBB yang dilakukan oleh sekelompok unsur-unsur bersenjata anti-pemerintah Suriah yang juga melakukan penjarahan di pos peninjauan tersebut.

Dalam pernyataan Kamis malam, dewan keamanan meminta kepada semua pihak di Suriah agar bekerja-sama dengan penjaga perdamaian PBB, menjamin keamanan mereka, dan memungkinkan mereka beroperasi dengan bebas.
XS
SM
MD
LG