Tautan-tautan Akses

DK PBB Kenakan Sanksi atas Jaringan Haqqani di Pakistan


Jaringan Haqqani yang berbasis di Pakistan, yang dituduh melakukan serangan-serangan mematikan di Afghanistan (foto: dok).

Jaringan Haqqani yang berbasis di Pakistan, yang dituduh melakukan serangan-serangan mematikan di Afghanistan (foto: dok).

Dewan Keamanan PBB memerintahkan sanksi terhadap jaringan militan Haqqani berbasis di Pakistan, yang dituduh melakukan serangan-serangan mematikan di Afghanistan.

Jaringan militan itu dan dalang serangan bunuh diri, Qari Zakir, ditambahkan dalam daftar sanksi Afghanistan-Taliban oleh PBB hari Senin. Tindakan itu mengharuskan negara-negara anggota untuk membekukan aset milik jaringan tersebut dan milik Zakir, serta memberlakukan larangan perjalanan dan embargo senjata terhadap mereka.

Pemerintah Obama hari Senin juga menyatakan Zakir sebagai "teroris global." Dikatakan, ia adalah ketua jaringan operasi bunuh diri dan bertanggungjawab atas program pelatihan, yang mencakup petunjuk penggunaan senjata ringan, senjata berat, dan konstruksi dasar bom rakitan.

Kementerian Luar Negeri Amerika menyatakan, Zakir adalah komandan operasional jaringan Haqqani di Kabul, Kunduz, Takhar dan provinsi Baghlan di Afghanistan.

Tindakan Washington hari Senin itu memblokir setiap aset milik Zakir di Amerika dan melarang warga Amerika berbisnis dengannya. Amerika menempatkan jaringan Haqqani dalam daftar hitam terorisme bulan September.

Haqqani, yang bersekutu dengan Taliban, memiliki pejuang paling berpengalaman di Afghanistan dan melakukan beberapa serangan terhadap kepentingan-kepentingan Barat.
XS
SM
MD
LG