Tautan-tautan Akses

DK PBB, Iran Berdiskusi Secara Terbuka


Jubir Departemen Luar Negeri AS, P.J. Crowley

Jubir Departemen Luar Negeri AS, P.J. Crowley

Jurubicara Deplu AS, Philip Crowley mengatakan Iran dan para wakil DK PBB terlibat dalam “pembahasan yang berterus terang dan profesional”.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Philip Crowley mengatakan Iran dan para wakil Dewan Keamanan PBB terlibat dalam “pembahasan yang berterus terang dan profesional” tentang program nuklir Iran sewaktu makan malam hari Kamis yang diselenggarakan oleh Iran.

Ia mengatakan para anggota Dewan Keamanan mendesak Iran untuk memenuhi kewajiban internasionalnya, sementara Amerika dan wakil negara-negara lain mengemukakan “kesalahan” dan “ kekurangan” dalam pendekatan Iran.

Dalam jumpa pers hari Jumat, Crowley mengatakan Amerika memandang pertemuan itu “satu lagi kesempatan yang disia-siakan “ oleh Iran untuk memenuhi komitmen internasionalnya.

Menteri luar negeri Iran Manoucher Mottaki hari Kamis menjamu ke 15 negara anggota Dewan Keamanan PBB selagi Iran menghadapi kemungkinan sanksi PBB tahap keempat.

Iran sejauh ini tidak bersedia menerima rencana PBB yang menetapkan Iran supaya mengirim uraniumnya ke Rusia untuk diperkaya. Uranium itu kemudian di kirim ke Perancis untuk diubah menjadi batang bahan bakar dan selanjutnya dipulangkan kembali ke Iran untuk mengoperasikan reaktor nuklirnya.






XS
SM
MD
LG