Tautan-tautan Akses

DK PBB dan Jerman akan Bahas Nuklir dengan Iran


Perundingan nuklir Iran di Almaty, Kazakhstan yang dihadiri delegasi 5 negara anggota tetap DK PBB ditambah Jerman dan Iran (27/2).

Perundingan nuklir Iran di Almaty, Kazakhstan yang dihadiri delegasi 5 negara anggota tetap DK PBB ditambah Jerman dan Iran (27/2).

Kelima negara anggota tetap DK PBB dan Jerman berharap Iran akan bereaksi secara positif terhadap tawaran terbaru mereka dalam perundingan Februari lalu.

Kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman sedang kembali ke Almaty – Kazakhstan, hari Jumat ini, untuk berunding dengan Iran tentang program nuklirnya.

Pejabat-pejabat Barat kini berharap Iran akan bereaksi secara positif terhadap tawaran terbaru mereka, yang disampaikan dalam perundingan putaran pertama bulan Februari lalu.

Dalam perundingan lalu, kelima anggota tetap Dewan Keamanan ditambah Jerman menawarkan kemungkinan memperlunak beberapa sanksi internasional. Sebagai imbalan, Iran harus menghentikan pengayaan uranian tingkat tinggi yang dapat digunakan untuk membuat bom atom.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton hari Rabu mengatakan ia “optimis tapi tetap berhati-hati”.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry hari Selasa mendesak Iran untuk membuktikan bahwa program nuklirnya bertujuan damai, supaya bisa kembali bergabung dengan dunia internasional dan keluar dari isolasi”.
XS
SM
MD
LG