Tautan-tautan Akses

DK PBB akan Langsungkan Pertemuan Darurat Soal Kekerasan di Aleppo


Sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Pertemuan itu akan dilangsungkan menyusul munculnya prediksi buruk yang disampaikan untusan PBB untuk Suriah Staffan de Mistura seiring pertempuran yang semakin meningkat di Aleppo.

Dewan Keamanan PBB akan melangsungkan pertemuan darurat, Rabu (30/11) mengenai kekerasan yang meningkat baru-baru ini di Aleppo, Suriah utara.

Inggris dan Perancis menyerukan dilangsungkannya sidang itu, sementara Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin mengecam langkah itu sebagai usaha propaganda.

Pertemuan itu akan dilangsungkan menyusul munculnya prediksi buruk yang disampaikan untusan PBB untuk Suriah Staffan de Mistura seiring pertempuran yang semakin meningkat di Aleppo dan semakin banyak warga sipil yang berusaha mengungsi untuk menyelamatkan diri.

"Jelasnya, saya tidak bisa bantah bahwa ini merupakan akselerasi usaha militer dan saya tidak tahu sampai kapan Aleppo timur akan bisabertahan,” kata de Mistura dalam pidatonya di parlemen Eropa. “Ada peningkatan konstan di pihak militer.”

Hampir 16 ribu orang telah pergi mengungsi selama ofensif pemerintah suriah itu dan PBB mengatakan, ribuan lagi kemungkinan akan menyusul.

Peningkatan kekerasan telah memaksa banyak warga sipil mengungsi tanpa sempat membawa barang-barang milik mereka. Kepala urusan kemanusiaan PBB Stephen O'Brien menyebut situasi itu sangat mengkhwatirkan. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG