Tautan-tautan Akses

Dituduh Melanggar Kepercayaan, Menlu Israel Mundur


Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman berbicara dalam salah satu acara partai di Tel Aviv, Israel. (AP/Dan Balilty)

Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman berbicara dalam salah satu acara partai di Tel Aviv, Israel. (AP/Dan Balilty)

Dituduh melanggar kepercayaan dalam kasus penggelapan, menteri luar negeri Israel yang sangat berpengaruh mundur dari jabatannya.

Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengundurkan diri Jumat (14/12) setelah Jaksa Agung negara itu menuduhnya melanggar kepercayaan dalam kasus penggelapan dan pencucian uang.

Pengunduran diri menteri yang sangat berpengaruh dan mitra teratas Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam kabinet, telah mengguncang politik Israel hanya satu bulan menjelang pemilihan umum.

Belum jelas apakah langkah tersebut akan membantu atau merugikan pemberian suara bagi partai konservatif Likud yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Para analis mengatakan Netanyahu sepertinya akan bertahan, tapi kehilangan sekutu berharga.

Lieberman kerap menyuarakan semangat nasionalisme, dan membuat hal tersebut sebagai komponen penting dalam kampanye pemilunya.

Jaksa Agung Israel mendakwa Lieberman melanggar kepercayaan pada Kamis. Lieberman bersikeras ia tidak melanggar undang-undang mana pun dan yakin tuduhan akan dibatalkan sebelum pemilihan umum pada 22 Januari.
XS
SM
MD
LG