Tautan-tautan Akses

Disney World Dibuka di Shanghai


Para pengisi acara ikut meramaikan parade pada malam pembukaan Disney Resort di Shanghai, China (15/6).

Para pengisi acara ikut meramaikan parade pada malam pembukaan Disney Resort di Shanghai, China (15/6).

Taman hiburan Disney berbiaya 5,5 juta dolar di Shanghai, China, mulai dibuka hari Kamis (16/6). Ini adalah investasi terbesar Disney di luar negeri.

Pidato oleh para pemimpin partai Komunis serta nyanyian oleh paduan suara anak-anak dan ucapan salam dari Sleeping Beauty dan tokoh-tokoh Disney lainnya menghiasi acara pembukaan taman hiburan Disney pertama di China daratan.

Disney akan menghadapi persaingan ketat dari taman-taman hiburan dalam negeri yang lebih murah yang menampilkan tokoh-tokoh kartun yang sangat disukai di China. Tetapi para analis meyakini kedua jenis taman hiburan tersebut memiliki pangsa di pasar China.

Richard Huang, analis industri hiburan China di bank investasi Nomura mengatakan, kedua jenis taman hiburan itu mendapat keuntungan dari rendahnya investasi China di sektor taman hiburan. Di kota-kota besar seperti Shanghai saja tidak ada taman hiburan kelas dunia atau yang berstandar internasional, lanjutnya.

Wisata domestik yang marak di China, dengan penghasilan yang meningkat 13 persen tahun lalu, akan membantu menarik pengunjung ke taman-taman hiburan itu. Disney memperkirakan 15 hingga 30 juta orang akan mengunjungi taman hiburannya di Shanghai setiap tahun. Pesaing domestiknya, Wanda, berencana membuka 15 taman dan kompleks hiburan selama empat tahun mendatang.

Disney secara bersamaan bergembira di Shanghai dan berkabung di Orlando, sehari setelah mayat bocah berusia dua tahun yang diseret buaya dari pinggiran danau buatan di Disney World di Florida ditemukan. Disney World Florida adalah taman hiburan dunia yang paling banyak dikunjungi. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG