Tautan-tautan Akses

AS

Disney dan Taman Hiburan AS Lainnya Tingkatkan Keamanan


Para pengunjung naik wahana Dumbo the Flying Elephant di Disneyland di Anaheim, California, 22 Januari 2015. (Foto: dok.)

Para pengunjung naik wahana Dumbo the Flying Elephant di Disneyland di Anaheim, California, 22 Januari 2015. (Foto: dok.)

Taman hiburan besar AS di Florida dan California, termasuk Disney, SeaWorld dan Universal Studio, mengambil langkah-langkah kemanan tambahan untuk memeriksa para pengunjung taman hiburan, menurut perwakilan mereka para hari Kamis (17/12).

Walt Disney Co. juga menghentikan penjualan senjata mainan di taman hiburan mereka, melarang pengunjung berusia di atas 14 tahun mengenakan kostum dan menambah pemeriksaan acak sekunder dengan detektor logam.

Para pengunjung taman hiburan Disney di Anaheim, California, dan Orlando, Florida, sebelumnya diperiksa tasnya secara manual dengan menggunakan detektor logam genggam, kata pegawai Disney. Langkah tersebut diambil setelah penembakan massal yang terjadi pada tanggal 2 Desember dan menewaskan 14 orang di San Bernardino, California, oleh sepasang suami istri yang terinspirasi oleh ISIS dan serangan 13 November di Paris yang menewaskan 130 orang.

Perusahaan-perusahaan taman hiburan tidak mengacu pada salah satu kejadian tersebut ketika mengumumkan tambahan langkah-langkah keamanan, walalupun Disney mengatakan langkah tersebut diambil mengingat apa yang terjadi baru-baru ini. Anaheim terletak sekitar 80 km barat daya San Bernardino.

SeaWorld Entertainment Inc. juga menggunakan detektor metal di taman hiburan di Orlando, menurut laporan media setempat.

Universal menguji penggunaan detektor metal di taman hiburannya di Orlando dan Hollywood, California, tapi bukan karena kejadian akhir-akhir ini, kata juru bicara Tom Schroder.

"Kami hanya ingin para pengunjung merasa aman," kata Schroder.

Universal Studio adalah taman hiburan milik Comcast.

Di taman hiburan Disney di Florida, lebih banyak petugas keamanan tanpa seragam berpatroli dan langkah-langkah keamanan yang tidak terlihat juga ditingkatkan, menurut perusahaan tersebut.

"Kami terus mengkaji ulang langkah-langkah keamanan yang menyeluruh dan menerapkan langkah-langkah tambahan, sesuai kebutuhan," kata Disney dalam sebuah pernyataan.

Seorang pria ditangkap akhir pekan lalu setelah mencoba membawa senjata ke taman hiburan Magic Kingdom Disney, menurut koran Orlando Sentinel. Magic Kingdom adalah salah satu dari empat taman hiburan di Walt Disney World.

SeaWorld mengatakan detektor metal genggam akan digunakan untuk memeriksa pengunjung taman hiburan.

Pada hari Kamis, sekolah negeri di Miami dan Fort Lauderdale, Florida, termasuk di antara sekolah-sekolah di AS yang menerima ancaman kekerasan. Distrik-distrik AS meningkatkan keamanan di sekolah-sekolah sebagai tindakan pencegahan, tapi para pejabat mengatakan menurut mereka ancaman-ancaman itu tidak bisa dipercaya. [dw]

XS
SM
MD
LG