Tautan-tautan Akses

Dirut BP Alihkan Tugas Tangani Kebocoran Minyak


Tony Hayward akan menyerahkan operasi tanggap bencana kepada direktur pelaksana BP, Robert Dudley.

Ketua Dewan Komisaris perusahaan BP mengatakan direktur utama perusahaan itu, Tony Hayward akan menyerahkan tugas penanggulangan tumpahan minyak di Teluk Meksiko kepada direktur pelaksana BP, Robert Dudley, seorang warga Amerika.

Ketua Carl-Henric Svanberg mengatakan demikian hari Jumat dalam wawancara dengan Sky News Inggris. Dudley adalah anggota dewan komisaris BP dan baru-baru ini telah diangkat untuk memimpin unit pengelolaan bencana yang baru diciptakan perusahaan raksasa energi Inggris itu.

BP mengatakan sebelumnya bulan ini bahwa Dudley akan mengambil-alih penanggulangan jangka panjang tumpahan minyak itu, tetapi waktunya belum diberikan. Ucapan Svanberg itu dikeluarkan sehari setelah Hayward menghadapi pertanyaan yang berat dari para anggota Kongres Amerika di Washington.

Svanberg juga mengatakan sudah jelas bahwa Hayward mengeluarkan ucapan yang mengecewakan orang. Hayward baru-baru ini menghadapi kecaman karena mengatakan pada waktu krisis itu bahwa ia ingin memperoleh kehidupannya kembali. Ia kemudian meminta maaf atas ucapan itu.

Dalam perkembangan terkait lainnya, Anadarko Petroleum Corp., pemilik sebagian sumur yang rusak itu, yang memuntahkan minyak ke Teluk Meksiko, menuduh BP mengambil keputusan dan tindakan gegabah yang mengakibatkan ledakan sumur bulan April. Namun, BP menjawab bahwa pihaknya sangat tidak sependapat dengan tuduhan perusahaan Anadarko.

Sementara itu, Laksamana pengawal pantai Thad Allen mengatakan BP hari Kamis menyedot 25 ribu barel minyak dari sumur yang bocor di Teluk Meksiko. Ini berarti hampir 10 ribu barel lagi dari apa yang sudah disedot dalam 24 jam sebelumnya.

Allen mengatakan antara 35 ribu hingga 60 ribu barel minyak bocor dari sumur itu setiap hari.

XS
SM
MD
LG