Tautan-tautan Akses

Direktur IMF Hadapi Pertanyaan Terkait Pembayaran kepada Pengusaha Perancis


Christine Lagarde menjelaskan kasus yang dihadapinya pada konferensi pers di Washington, hari Kamis (18/4).

Christine Lagarde menjelaskan kasus yang dihadapinya pada konferensi pers di Washington, hari Kamis (18/4).

Christine Lagarde mengatakan hari Kamis di Washington bahwa penyelidikan di Perancis itu tidak akan merintanginya bertugas sebagai Direktur IMF.

Direktur IMF mengatakan ia menghadapi sejumlah pertanyaan dari tim jaksa bulan depan atas perannya sebagai menteri keuangan Perancis dalam pembayaran negara dalam jumlah besar kepada seorang pengusaha kaya.

Christine Lagarde berkomentar pada konferensi pers hari Kamis di Washington mengatakan bahwa penyelidikan itu tidak akan merintanginya bertugas sebagai ketua IMF.

Pihak berwenang menggerebek rumah Lagarde di Paris bulan lalu sehubungan dengan kasus itu, namun ia belum dikenai tuduhan pidana.

Penyelidikan itu berpusat pada peran Lagarde dalam merekomendasi perselisihan bisnis melibatkan pengusaha Bernard Tapie dan Bank Credit Lyonnais ke salah satu panel arbitrasi yang kemudian menetapkan pembayaran 500 juta dolar kepada pengusaha itu. Konflik sejak lama itu melibatkan penjualan oleh bank itu perusahaan pakaian olah raga Adidas yang pernah dimiliki Tapie.

Tapie telah membeli dan menjual sejumlah perusahaan dan dipenjara tahun 1997 atas perannya merekayasa pertandingan sepak bola.
XS
SM
MD
LG